Jumat, 05 Maret 2010

Berbagi Cerita Buku



Pagi kemaren, Jum'at 5 Maret seperti biasa setiap apel pagi ada kegiatan berbagi cerita buku oleh anak-anak. Kegiatan yang dipelopori oleh Ustdz Vera (guru sosial SMP yang sangat hobi membaca dan menulis) ini merupakan kegiatan berbagi cerita dari buku yang pernah dibaca siswa mulai dari buku pelajaran, buku cerita, biografi, novel dan komik. Siswa diharapkan mempunyai kemampuan berbicara yang baik. Mengambil inti dari buku yang dibaca dan menyampaikannya kepada teman-teman dan guru-gurunya.



Kali ini yang mendapat giliran adalah Hidayatullah dari Lampung. Siswa kelas VIII ini berbagi cerita dari buku yang berjudul "Rasulullah Mencintai Binatang".

Buku karangan Fuad Kauma ini menceritakan bahwa Rasulullah sangat mencintai semua jenis binatang. Dibawah ini adalah cerita yang disampaikan dayat. Mungkin tidak sama persis tetapi mudah-mudahan intinya sama.


"Di dalam buku ini diceritakan tentang Rasulullah yang mencintai binatang. Banyak sekali cerita yang ada, tapi saya akan coba menceritan satu cerita yang berhubungan dengan seekor binatang yang mungkin sangat ditakuti sebagian orang yaitu Anjing. Pada suatu hari Rasulullah sedang duduk bersama dua orang sahabatnya yaitu Umar dan Abu Bakar. Ketika itu datanglah seorang laki-laki yang kedua kakinya berdarah.

"Ada apa dengan kakimu ya Fulan" tanya Rasulullah

"Tadi ketika saya lewat di depan rumah si Fulan yang munafik saya digigit oleh anjing si Fulan yang munafik itu ya Rasulullah" kata orang tersebut.

"Kalau begitu, sini duduklah di sampingku kata Rasulullah.

Tidak berapa lama kemudian, datang lagi seorang laki-laki. Laki-laki tersebut juga datang dengan kedua pahanya yang berdarah

"Ada apa dengan kakimu ya Fulan"tanya Rasulullah

"Tadi ketika saya lewat di depan rumah si Fulan yang munafik saya digigit oleh anjing si Fulan yang munafik itu ya Rasulullah" kata orang tersebut.

"Kalau begitu, sini duduklah di sampingku" kata Rasulullah

Rasulullah kemudian berbicara kepada kedua sahabatnya " Mari kita ke rumah si Fulan kita bunuh anjing tersebut"

Umar dan Abu Bakar langsung mengambil senjatanya yaitu sebuah pedang. Bersama Rasulullah dan dua laki-laki yang terluka, mereka mendatangi rumah si Fulan tersebut dan ingin membunuh anjingnya. Saat itu anjing tersebut mendekati Rasulullah dan berkata "Ya Rasulullah, janganlah kau membunuhku. Karena aku sudah beriman kepada Allah. Dan aku juga telah mengakui bahwa engkau adalah Rasul utusan Allah"

"Lalu kenapa kau menggigit kedua orang ini"

"Aku adalah Anjing yang diperintahkan oleh Allah untuk menggigit orang-orang yang selalu meneriakkan kata-kata yang mencela dan menghina Umar dan Abu Bakar " jawab anjing tersebut.

Rasulullahpu menanyakan tentang hal tersebut kepada kedua laki-laki tersebut. Mereka mengakui kesalahan mereka dan meminta maaf dan akhirnya mereka menjadi muslim yang taat"

Treeeeeeet................Treet..................... cerita dayat terhenti sesaat bel tanda apel pagi selesai terdengar. Dayat sempat menambahkan "Hikmah yang dapat kita ambil dari buku ini adalah sayangilah binatang dan jangan suka mencaci atau menghina orang lain.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar